Ilustrasi Perempuan Lebih Tangguh Hadapi Virus Corona Dibanding Pria

Data Dari Berbagai Negara: Perempuan Lebih Kuat Hadapi Virus Corona

Virus Corona Covid-19 ini selalu ngasih kejutan yah, kak?  Mulai dari tidak ada gejala awal bisa menularkan covid-19; lalu bahwa ternyata virus corona ini bisa memicu reaksi imunitas berlebihan yang malah bisa menyebabkan kematian. (baca tulisannya di sini)

Eh, sekarang banyak laporan nih kak say kalau perempuan itu lebih tangguh dalam hadapi virus corona Covid-19.

Media terkemuka Amerika Serikat, Washington Post, menuliskan data dari 30 negara bagian di sana bahwa meskipun  sebanyak 59 persen dari kasus positif virus corona COVID adalah pria, tetapi 62% dari 1.800 korban meninggal adalah pria.

Bahkan di daerah New York, dari jumlah korban virus corona covid-19 yang meninggal , 62 persen  di antaranya adalah pria.

Laporan Washington Post ini sesuai dengan tulisan di New York Times yang menyebutkan data dari berbagai negara yang  paling banyak melaporkan kasus positif COVID-19 dan datanya adalah di Italia sebanyak 71% yang terkena kasus positif dan meninggal akibat virus corona adalah  pria; sementara China melaporkan bahwa korban meninggal pria lebih banyak (64%) dibanding perempuan

Sementara di Spanyol, jumlah pria yang meninggal akibat virus corona SARS-CoV-2 ini dua kali lipat dibanding korban perempuan.

Fakta Corona Virus, Perempuan Lebih Tangguh Dari
Ilustrasi Perempuan Punya Ketahanan Tubuh Lebih Baik (courtesy BBC News)

Apa Sebab Perempuan Lebih Kuat Hadapi Virus Corona?

Beberapa dugaan menyebutkan bahwa penyebab angka kematian akibat virus corona COVID-19  ini lebih banyak di pria daripada perempuan adalah karena soal gaya hidup. Pria dianggap lebih tidak mempedulikan kesehatan dibandingkan perempuan yang lebih pembersih. Selain itu jumlah perokok pria juga lebih banyak dibandingkan perempuan sehingga  sistem imun dan pernapasan mereka menjadi lebih rentan bila terkena virus corona.

Tetapi para dokter ahli seperti Katrina Hawkins yang bekerja sebagai dokter di ruang gawat darurat di George Washington Univesity Hospital menyebutkan bahwa gen perempuan membuat sistem imun  tubuh mereka jadi lebih kuat dibandingkan pria.

Dugaan Dokter Katrina Hawkins itu diamini oleh Dokter Robyn Klein, Direktur Pusat Neuroimmunology & Neuroinfectious Diseases di Washington University. Dokter Robyn berpendapat bahwa perbedaan gen antara perempuan dan pria bisa jadi mempengaruhi kekuatan sistem imun mereka.

“Ketika terkenal infeksi akibat virus, memang diketahui bahwa perempuan memiliki sistem imun yang lebih kuat dibandingkan pria. Bukan hanya masalah kebiasaan perempuan yang lebih bersih dan sehat, tetapi juga ada kaitannya dengan mekanisme tubuh mereka yang bisa memproduksi sistem imun lebih kuat dibandingkan pria, “

Perempuan lebih kuat virus corona dibanding pria

Ternyata Gen Perempuan Lebih Kuat Dibanding Pria

Gen perempuan yang lebih kuat dalam memproduksi sistem imun tubuh ini juga disetujui oleh Dokter Sharon Moalem, ilmuwan dan fisikawan yang juga menulis buku tentang bagaimana perempuan lebih punya keunggulan genetis dibandingkan pria, The Better Half: On  The Genetic Superiority of Women.

Dalam tulisannya di New York Times, Dokter Sharon Moalem menulis bahwa perempuan memiliki keunggulan karena dikaruniai dua kromosom X (XX), dibandingkan pria yang hanya punya satu kromosom X (XY).  Karena itulah sistem imun di tubuh perempuan umumnya akan bereaksi lebih cepat bila ada virus yang masuk ke tubuh dan melindungi mereka dari dampak terburuk.

Ilustrasi Kromosom XX yang dimiliki perempuan
UIlustrasi Kromosom XX Pada Perempuan

Gen Perempuan Lebih Banyak Kromosom X Yang Membuat Sistem Imun Lebih Kuat

Kromosom X yang dua kali lebih banyak di tubuh perempuan, membuat mereka lebih banyak memproduksi interferons-  sejenis protein yang mencegah virus untuk berkembang biak dalam tubuh manusia- dan juga antibodi yang lain.

Tetapi menurut Dokter Robyn Klein, keunggulan perempuan dalam memiliki lebih banyak kromosom X juga bisa berakibat munculnya autoimun, di mana tubuh memproduksi antibody berlebihan yang justru amat berbahaya dalam kasus virus corona Covid-19 ini.

Biar gimanapun, menjaga sistem imun amat penting, yah kak.

Kakak bisa memaksimalkan sistem imun kakak-kakak semua unntuk mencegah dampak terburuk dari Covid-19. Infonya ada di sini.  

Artikel & Tips Terkait

Seram_11_efek_buruk_gula_ke_kesehatan_dan_imunitas

Seram! 11 Efek Buruk Gula Ke Kesehatan Dan Imunitas

Kenali Bahaya Buruk Gula Berlebih Dan Cara Menanggulanginya

9_cara_Miscella-G_tingkatkan_imunitas_tubuh

9 Cara Miscella-G Tingkatkan Imunitas Tubuh

18 Bahan Alami terbaik MISCELLA-G Bantu Tingkatkan Imunitas Tubuh

Suplemen Untuk Imunitas Tubuh

Suplemen ini cocok untuk bantu tingkatkan imunitas tubuh